27 Apr 2020

Strategi E-Learning yang Efektif

Pilih perangkat lunak Anda

Saat anda ingin memberikan materi atau pelatihan jarak jauh kepada karyawan, anda akan mempersiapkan materi atau kebutuhan yang akan di gunakan untuk karyawan anda. Kemudahan teknologi saat ini memudahkan kita dalam  membuat materi pembelajaran jarak jauh atau yang biasa disebut dengan eLearning. Sebagai referensi berikut strategi E-Learning yang efektif dengan  beberapa tools yang bisa mendukung anda dalam membuat materi pelatihan.

  1. Sistem manajemen pembelajaran (LMS) LMS (Learning Management System) dapat menjadi pilihan karena sistem ini dapat digunakan untuk memantau karyawan, menyimpan catatan, memberikan penilaian dan melakukan pelatihan jarak jauh. Di bawah ini akan di jelaskan beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di benak anda :Apakah anda menginginkan kelas pelatihan yang terorganisir sesuai dengan jadwal?Jika iya, LMS seperti iSpring dapat anda review karena ia memiliki fungsi kalender yang mudah digunakan, seperti membuat penjadwalan kelas virtual, check – in informal, penilaian sesuai jadwal, dan masih banyak lagi. Apakah anda memerlukan konferensi video? Jika anda memerlukan konferensi video, anda membutuhkan LMS yang terintegrasi dengan platform web online seperti Zoom. iSpring learn terintegrasi dengan Zoom untuk mengadakan pertemuan video sebagai bagian dari program eLearning. Apakah anda perlu membuat konten di LMS anda ? Jika kecepatan menjadi fokus anda dalam membuat materi, iSpring Learn memiliki tools bawaan yang memungkinkan anda membuat materi dengan cepat, dengan menyertakan ilustrasi, kutipan, dan video. Bagi anda yang ingin membuat konten yang interaktif dan menarik, iSpring Suite juga terintegrasai dengan toolkit authoring iSpring Suite.
  2. eLearning authoring tool Apabila anda membutuhkan tools yang mudah digunakan dengan  hasil yang maksimal, anda dapat mencoba iSpring Suite. iSpring menawarkan banyak cara untuk membuat pelatihan interaktif dengan kuis, simulasi dialog dan interaksi yang mudah di buat langsung. Anda juga dapat dengan mudah menggunakan kembali konten yang ada dari presentasi sebelumnya, seperti dalam bentuk dokumen, PDF dan video yang dapat di ubah menjadi konten E-Learning lengkap hanya dengan beberapa klik.

Perancanaan Pra- Pelatihan

Pelatihan jarak jauh anda akan menjadi lebih produktif ketika anda meluangkan waktu untuk menjelaskan bagaimana proses pelatihan jarak jauh yang akan anda terapkan. Dengan penjelasan di awal dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi ketika pelatihan jarak jauh di lakukan.

Berikan Jadwal Pelatihan yang konsisten

Ketika Anda memberikan jadwal yang konsisten dan transparan, pengguna akan lebih cenderung memprioritaskan pelatihan dan meluangkan waktu dalam jadwal mereka untuk itu. Ini sangat penting untuk pembelajaran jarak jauh, karena pembelajaran juga memerlukan lingkungan rumah yang sesuai dan koneksi Internet. Untuk mengelola semua kegiatan pelatihan secara keseluruhan, sebaiknya gunakan kalender LMS seperti yang ada di iSpring Learn.

Kalender acara di iSpring Learn LMS

Buat Koneksi dengan Trainee Jarak Jauh

  Walaupun anda terpisahkan oleh jarak, tidak menjadi alasan untuk bisa mengenal mereka lebih dekat, namun akan ada beberapa hal yang menjadi tantangan yang anda hadapi, seperti  :
  • Atur persyaratan pelatihan sebelumnya : Pastikan sebelumnya apakah semua peserta didik Anda siap untuk mengikuti pelatihan yang akan Anda sediakan.
  • Kirim pemberitahuan: Gunakan pemberitahuan email, undangan, dan pengingat untuk memastikan peserta mengingat dan merencanakan pelatihan pada waktu yang tepat.
  • Kenali audiens Anda: Pelajari detail pribadi yang mungkin bisa membuat diskusi anda menjadi menarik, seperti di mana semua orang berada atau apa nama panggilan mereka.  Buat suasana yang menyenangkan dengan perkenalan kelas.Pertimbangkan untuk menyiapkan halaman sosial tempat peserta dapat berinteraksi sebelum kursus dimulai.

Tips: Pelajar Anda mungkin sudah menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter – mudah untuk membuat ‘halaman’ atau ‘grup’ untuk mereka dan menghubungkan semua orang bersama-sama.

Jangan Abaikan, Pentingnya Pasca Pelatihan

Sama pentingnya dengan pra-pelatihan,  pasca-pelatihan membantu karyawan jarak jauh untuk memperluas dan mengembangkan pembelajaran pada waktu yang mereka pilih sendiri. Bahkan dengan perencanaan yang tepat, terkadang pelatihan jarak jauh dilakukan dengan terburu-buru, tidak diprioritaskan, atau mengalami kesulitan teknis. Pasca-pelatihan harus mengambil  sumber daya bermanfaat yang membantu karyawan menerapkan apa yang mereka pelajari. Kirim bahan yang bisa memberikan bagaimana hasil yang terlihat seperti ketika menerapkan konsep-konsep yang baru dipelajari. Selama sesi, pertimbangkan untuk menggunakan layar berbagi dan merekam untuk membuat arsip video pelatihan yang dapat diberikan kepada karyawan yang mungkin tidak dapat menghadiri sesi pelatihan.