26 Apr 2021

4 Aplikasi Membuat Materi eLearning, Gratis

Aplikasi eLearning  adalah media yang memungkinkan Anda membuat konten materi digital untuk dibagikan ke pada siswa melalui kelas online atau pun Web. Konten materi digital biasanya berisi mengenai , video rekaman, kuis,simulasi, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa aplikasi membuat materi eLearning gratis yang bisa anda gunakan :

 iSpring Free

iSpring Free adalah tools yang mudah digunakan oleh pengguna untuk membuat materi kursus berbasis slide power point. Jika Anda memiliki materi presentasi yang sudah ada,Anda dapat mengubahnya menjadi kursus online interaktif dengan beberapa klik dengan mengunakan iSpring yang ada pada power point. Anda juga bisa membagikan materi yang telah di buat dengan tetap mempertahankan semua animasi dan transisi PPT secara utuh. Karena tampilan yang sudah familier dan intuitif, dapat memudahkan Anda untuk membuat materi lebih cepat dan tanpa pelatihan terlebih dahulu. Cukup isi slide dengan teks, gambar, video YouTube atau objek web (menambahkan dari laman Wikipedia atau situs web). Ada tiga jenis pertanyaan kuis yang bisa Anda gunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik Anda yaitu pilihan ganda, jawaban ganda dan jawaban singkat., Anda juga bisa menambahkan  umpan balik dan batas waktu dalam pengerjaan.

Udutu

Udutu adalah tools berbasis web gratis untuk membuat materi eLearning. Dengan udutu memungkinkan Anda membuat berbagai jenis aktivitas seperti  penilaian, modul interaktif, dan skenario percabangan. Sama seperti iSpring Free, aplikasi ini memungkinkan  untuk mengonversi slide PowerPoint  ke kursus online, tetapi opsi ini memerlukan langganan $ 10 per bulan. Kursus dapat diunduh ke komputer Anda dalam format SCORM. Tools  ini juga memungkinkan Anda untuk mengunggah SCORM yang telah dibuat sebelumnya dan mengeditnya kembali.

IsEazy 

isEazy adalah tools elearning gratis lainnya yang berbasis cloud. Aplikasi ini juga user – friendly dimana tampilanya ramah bagi pengguna. Terdapat paket gratis dan berbayar  yang bisa Anda gunakan untuk membuat kursus berbasis slide, dengan menggunakan template siap pakai yang dapat Anda isi dengan teks, gambar, video, dan audio. Tools ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan dan menyesuaikan elemen interaktif – Anda dapat membuat kuis interaktif, garis waktu, katalog, interaksi proses, dan banyak lagi. Tetapi meskipun memiliki set fitur yang cukup kaya dan kemudahan penggunaan, versi gratis isEazy memiliki batasan saat menggunakannya. Tools ini membatasi penggunaannya untuk 3 proyek eLearning dan membatasi ruang sebesar 0,3 GB untuk kursus. Untuk menghapus batasan ini dan mendapatkan akses untuk menggunkan kembali, Anda perlu meningkatkan ke paket berbayar.

CourseLab

CourseLab versi 2.4 bisa menjadi pilihan untuk membuat kursus eLearning gratis. Tools ini juga dapat diterbitkan ke web atau LMS. Seperti banyak tools lainnya, ini memungkinkan Anda untuk membuat konten dalam model WYSIWYG, artinya  “apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan”. Namun, untuk tampilan pengguna terlihat agak ketinggalan jaman dan tidak terlalu intuitif, sehingga CourseLab terkesan cukup rumit untuk digunakan bagi pengguna baru dan pengembang non-teknis.