26 May 2020

Rekomendasi 5 Aplikasi eLearning Gratis

Apakah anda sedang mencari aplikasi gratis yang dapat membantu anda untuk membuat materi eLearning ? Mungkin saat ini anda sedang kebingungan mencari aplikasi yang sesuai dengan budget anda atau mungkin yang tidak berbayar. Kami telah mencari dan merekomendasikan 5 aplikasi eLearning gratis yang bisa anda gunakan dan di sertai dengan  penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing – masing aplikasi, selamat mencoba.
  1. iSpring Gratis iSpring Free adalah tools yang ramah pengguna, berfungsi untuk  membuat kursus berbasis slide dan kuis interaktif. Jika Anda memiliki presentasi yang sudah jadi, Anda bisa mengubahnya menjadi kursus online dalam beberapa klik dengan menggunakan PowerPoint yang sudah terinstall iSpring. Saat mengonversi, ia mempertahankan semua animasi, pemicu, dan transisi PPT utuh.

    Semenjak komunikasi berbasis online menjadi familiar, membuat kursus secara online juga menjadi  mudah : cukup isi slide dengan teks gambar, video dari youtube dan objek dari web atau dari Wikipedia. Selain itu juga terdapat tiga jenis pertanyaan untuk membuat penilaian bagi peserta didik : pilihan ganda, respon ganda dan jawaban singkat. Menarikanya lagi anda dapat mengatur umpan balik, jumlah upaya dan batas waktu saat pengerjaan soal.

    Konten yang dibuat dengan iSpring Free secara otomatis beradaptasi dengan semua perangkat dan tampak hebat di layar apa pun, termasuk PC, Mac, tablet, dan telepon pintar.

  2. IsEazy isEasy adalah tools berbasis cloud lainnya. Tools ini juga mudah dalam penggunaannya, jadi pengguna tidak memerlukan waktu yang banyak atau mengadakan pelatihan untuk mempelajari aplikasi ini. Paket harga gratis, serta paket berbayar, memungkinkan Anda membuat kursus berbasis slide dengan menggunakan template yang sudah jadi yang dapat Anda isi dengan teks, gambar, video, dan audio. Tools ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan dan menyesuaikan elemen interaktif seperti kuis interaktif, jadwal, katalog, interaksi proses, dan banyak lagi.

    Tetapi meskipun set fitur yang beragam dan kemudahan penggunaan, versi gratis isEazy memiliki keterbatasan yang signifikan. Tools ini membatasi penggunaannya pada 3 proyek eLearning dan memberikan batasan 0,3 GB pada ruang untuk kursus. Jika anda ingin menambah kapasitas penyimpanan atau menambah pengguna maka anda perlu untuk mengupgrade menjadi paket berbayar.

  3. Adapt Adapt adalah tools open-source yang di rancang untuk pembuatan kursus cepat. Kursus yang dibangun dengan Adapt memberikan pengalaman seperti halaman web yang bergulir secara vertikal, tidak terbalik seperti slide. Namun tools ini tidak mendukung bentuk percabangan dan cakupan animasi yang sangat terbatas, sehingga hanya cocok untuk mereka yang ingin membuat kursus membaca panjang dengan ‘navigasi linier.’

    Secara keseluruhan, inti dari tools ini sudah cukup untuk membuat kursus online yang sederhana, Anda dapat meningkatkan pengalaman pelajar dengan menginstal tambahan Adaptasi plug-in yang dapat membantu Anda untuk membuat konten Anda sendiri.

  4. H5P H5P adalah alat berbasis cloud open-source yang memungkinkan Anda membuat konten HTML5 eLearning dan menerbitkannya di platform populer seperti WordPress, Moodle, atau Drupal. Konten juga dapat ditambahkan ke LMS yang mendukung integrasi LTI.

    H5P bersifat modular, ada banyak jenis konten dan aplikasi yang tersedia untuk digunakan tanpa keterampilan teknis yang diperlukan. Ini termasuk video interaktif, presentasi HTML5, skenario percabangan, kuis, kartu flash, dan banyak lagi. Namun, alat ini sangat terbatas sejauh menciptakan proyek eLearning yang kompleks dan disesuaikan.

  5. CourseLab CourseLab versi 2.4 adalah perangkat lunak gratis lainnya untuk membuat kursus eLearning interaktif yang dapat dipublikasikan ke web atau LMS.Seperti banyak tools lainnya, ini memungkinkan Anda untuk membuat konten dalam model WYSIWYG.

    Namun, antarmuka terlihat agak ketinggalan jaman dan tidak terlalu intuitif, sehingga CourseLab bisa di katakan cukup rumit untuk digunakan para pengguna dan pengembang non-teknis.