24 May 2021

Tips Membuat Pelatihan Perusahaan yang Efektif

Pelatihan KPI

Ketika anda ingin mengukur peningkatan penjualan terhadap beberapa pelanggan dengan permintaan berulang, anda bisa mengkurnya dengan membuat pelatihan.Untuk mengukurnya bisa dengan KPI dan dengan indicator yang sudah diterapkan, contoh salah satu KPInya adalah telah mengikuti pelatihan sebelumnya. Jika setelah mengikuti pelatihan terdapat peningkatan pada KPI maka dapat dikatakan pelatihan anda berhasil.

Data Pendaftaran Dan Aktivitas Pengguna

Dengan menggunakan LMS, anda dapat mengetahui progess dan daftar karyawan yang mengikuti pelatihan anda. Anda dapat melihat seberpaasering mereka login dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan materi pelatihan, selain itu anda juga dapat melihat apakah orang tersebut menyelesaikan kursus opsional atau membatalkan pendaftarannya. Jika peserta tidak mengikuti pelatihan atau tidak menyelesaikannya anda bisa menanyakannya, sehingga anda bisa memperbaiki materi yang mungkin kurang menarik. Jika peserta sering gagal untuk mengikuti kursus hingga akhir, mungkin ada beberapa bagian yang tidak mereka pahami dalam penggunannya. Ini bisa menjadi evaluasi untuk memperjelas dan menyelaraskan tujuan dari pelatihan dan materi apa yang akan di terima oleh peserta.

Hasil Kuis

Tes dan kuis adalah indikator yang jelas tentang apakah karyawan benar benar mempelajari materi pelatihan atau tidak. Menambahkan kuis ke pelatihan anda membuat peserta tertarik untuk meningkatkan pembelajaran. Dengan menambahkankuis bisa menlai keefektifan materi yang telah di buat dalam penyampaian materi. Adanya LMS membantu anda untuk melacak skor rata rata peserta. Skor yang tertinggi secara konsisten bisa menjadi indicator keberhasilan pelatihan. Jika skor kuis termasuk dalam pelajaran tertentu atau di sekitar topik tertentu, Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali konten di sana.

Data Terkait Kinerja

Indikator penting lainnya dari efektivitas pelatihan adalah bagaimana melihat kinerja dari karyawan. Tetapkan tujuan pembelajaran dan berfokus pada apa yang Anda harapkan dalam membuat pelatihan. Maka Anda akan dapat melihat seberapa baik orang-orang menerapkan keterampilan dalam pekerajaan saat mereka pelajari dari pelatihan. KPI terkait kinerja Anda tidak harus berupa angka, bisa juga merujuk pada perubahan perilaku karyawan di tempat kerja.

Pengalaman Pelatihan

Tentukan bagaimana pendapat peserta saat mengikuti pelatihan. Buat survei singkat dalam materi pelatihan itu sendiri setelah peserta menyelesaikan materi untuk mengukur pegalaman dari peserta. Contohnya seberapa mengerti anda untuk menjalankan platform pelatihan ? apakah mereka menggunakan waktu pelatihan ini dengan baik ? apa manfaat yang meraka dapatkan dari pelatihan ? dan lain lain. Jika tanggapannya positif, Anda akan tahu bahwa Anda berada di jalur yang benar. Jika Anda mendapatkan umpan balik tentang pengalaman yang kurang optimal, lihat di mana Anda dapat mengklarifikasi nilai atau meningkatkan program pelatihan Anda.

Pendapatan Dan Laba

Saat anda membuat pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan atau mengajarkan keterampilan baru, pelatihan akan tetap berdampak pada keuangan. Keterampilan baru memiliki manfaat yang jelas untuk meningkatkan kinerja di tempat kerja. Pengalaman belajar yang berkualitas juga meningkatan perasaan orang terdahap pekerjaan meraka. Dan karyawan yang bahagia akan lebih produkif dan lebih memilih untuk bertahan lama di perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Kunci untuk memastikan pelatihan Anda memenuhi tujuannya adalah mengaitkannya dengan hasil bisnis yang sebenarnya. Tetapkan tujuan di awal sehingga Anda jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Kemudian, ukur keefektifan pelatihan Anda selama dan setelah kursus untuk memastikan Anda mencapai tujuan tersebut. Ada banyak cara untuk melacak metrik pelatihan, tetapi itu tidak berarti Anda harus selalu menggunakan spreadsheet. Sistem Manajemen Pembelajaran seperti iSpring Learn dan iSpring Suite dapat membantu melacak semua metrik tersebut sehingga Anda dapat fokus pada analisis hasil. Askarasoft dapat membantu implementasi dan pengembangan Learning Management System untuk meningkatkan performa tim anda.