15 Feb 2022

Penggunaan Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Online

Perangkat seluler atau yang kita kenal dengan smartphone saat ini sudah banyak digunakan oleh semua orang. Semua aktivitas dilakukan secara online, tak terkecuali untuk media pembelajaran. Mobile learning adalah salah satu media pembelajaran online melalui perangkat seluler, dimana anda bisa mengkasesnya kapan saja dan dimana saja. Artikel ini akan membahas mengenai penggunaan mobile learning sebagai media pembelajaran online.

Apa itu Mobile Learning ?

Pembelajaran melalui perangkat seluler  atau  m-Learning, adalah pembelajaran di mana saja dan kapan saja yang didukung oleh perangkat seluler yang digunakan peserta didik untuk mengakses konten. Perangkat yang memungkinkan pembelajaran seluler adalah gadget seperti smartphone  dan tablet. Dengan m-Learning, siswa dapat mempelajari pelajaran yang ditugaskan, video ceramah, dan mengikuti tes langsung dari perangkat mereka.

Melalui m-learning sebagai media pembelajaran online, para siswa tidak terikat pada lokasi atau jadwal tertentu. Siswa dapat mengakses konten belajar sama saat mereka mengakses konten di media social, seperti instagram dimana kontennya lebih beragam, menarik, penuh dengan animasi dll.  Berikut beberapa keuntungan saat menggunakan m-learning sebagai media pembelalajaran online :

  • Siswa dapat mengakses materi yang bermanfaat tepat saat mereka membutuhkannya. Yang diperlukan hanyalah mengeluarkan smartphone dari saku mereka.
  • M-learning bersifat praktis dan berorientasi pada tugas. Ini sempurna untuk konten tutorial, langkah demi langkah, panduan ringkas, dan latihan mini – semua yang membantu mempraktikkan keterampilan baru.
  • Pelajar dapat menjangkau rekan-rekan atau instruktur mereka dan menemukan dukungan yang dibutuhkan dengan mudah. Mereka dapat meninggalkan komentar, berpartisipasi dalam forum diskusi, dan tetap terhubung sebagai komunitas.

Lalu apa perbedaan dengan pembelajaran e-Learning , mungkin ini menjadi pertanyaan bagi anda saat mendengar pembelajaran online. Perbedaan dasar dari keduanya adalah media yang di gunakan saat mengakses materi, namun ada beberapa point penting yang bisa kita pertimbangkan saat akan membuat materi pembelajaran secara online. Pertama adalah tujuan pembelajaran, jika anda ingin memberikan materi secara instan dan cepat ke siswa dan meraka dapat mempelajarinya tanpa terikat waktu maka m-learning adalah media pembelajaran online yang tepat.

Kedua durasi pembelajaran, umumnya pembalajaran online berdurasi 15-90 menit dengan menggunakan laptop atau computer dimana siswa harus menatap layar dengan waktu yang cukup lama. Dengan m-learning konten pembelajaran dapat dipersingkat menjadi beberap unit dengan durasi 3-5 menit , siswa akan lebih mudah mengaksesnya dan meraka bisa belajar sambil mengerjakan tugas lainnya.Dan yang ketiga adalah cara mengakses materi yang berbeda, e-Learning dapat diakses di browser tanpa perangkat khusus sedangkan m-learning harus menyediakan konten materi yang bisa di akses di IOS dan Android.

M-learning  dalam Pelatihan Perusahaan

Anda mungkin sudah familiar dengan praktik eLearning dalam pelatihan perusahaan atau memiliki program pelatihan online di perusahaan Anda. Jika demikian, karyawan Anda mungkin mengambil kursus selama istirahat kerja mereka menggunakan PC desktop di kantor. Lalu bagaimana dengan tim penjualan dan orang lain yang bekerja di lapangan, atau mereka yang sering melakukan perjalanan bisnis. M-learning  dapat mengatasi kendala dalam melatih karyawan yang tidak selalu dikantor. Mari kita lihat beberapa cara yang dapat menerapkan m-Learning di perusahaan Anda.
  • Pelatihan tim penjualan. Anda bisa membuat kursus mikro yang dapat disesuaikan dengan jadwal tim yang ketat dan belajar di antara pertemuan dengan pelanggan. Tenaga penjualan dapat menavigasi spesifikasi produk, menjelajahi data penjualan yang dibutuhkan, atau menemukan jawaban atas pertanyaan klien dalam hitungan detik.
  • Pelatihan pengetahuan produk. Di mana pun karyawan jarak jauh Anda berada, Anda dapat memberi mereka semua pelatihan yang konsisten tentang produk, fitur, pembaruan perusahaan Anda, dll. Dengan pembelajaran seluler, Anda dapat memberi tahu seluruh staf tentang semua hal baru dalam sekejap sehingga mereka dapat mengakses informasi di smartphone mereka.
  • Pelatihan soft skill. Jika Anda mengundang peserta didik Anda untuk mengambil kursus setelah jam kerja, lebih baik menggunakan kursus dan materi yang tidak membebani mereka dan tidak akan menyebabkan kelebihan kognitif di luar jam kerja. Kursus tentang keterampilan komunikasi dan teknik pemecahan masalah lebih mudah dan berorientasi pada pengembangan diri, mudah disampaikan dalam format mikro,  dan dapat menjadi bagian dari hobi karyawan.
  • Orientasi karyawan baru. Anda dapat memperkenalkan budaya perusahaan Anda, mengatur program orientasi, dan memberikan panduan awal tentang tugas pekerjaan sebelum hari pertama. Karyawan dapat mempelajari semua info yang diperlukan di smartphone sebelum mereka mulai bekerja, dan Anda menghemat waktu untuk pengenalan dan pengarahan.

Silahkan klik link ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat media pembelajaran yang efektif dalam perusahaan  ====>  Metode eLearning Efektif dalam Perusahaan

Aplikasi seluler ada untuk memastikan pengalaman belajar yang lancar bagi pengguna . Mereka mengunduhnya ke perangkat mereka dari playstore lalu menginstalnya, dan menggunakannya untuk mempelajari materi yang ditugaskan. Anda bisa menggunakan iSpring sebagai media atau pun tools untuk membuat dan mengakses konten pembelajaran.

  • iSpring Suite, Tools yang membantu Anda membuat konten mobile learning dengan mudah
  • iSpring Learn, sistem manajemen pembelajaran
  • iSpring Learn, aplikasi seluler gratis untuk iOS dan Android. Belajar di perangkat apa pun.