06 Dec 2021

Metode eLearning Efektif dalam Perusahaan

Mobile Learning atau pembelajaran melalui seluler adalah salah satu pendekatan dan pelatihan yang paling efektif untuk menyampaikan konten kepada pelajar pada saat dibutuhkan. Menggunakan mobile learning sebagai media pelatihan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik secara real time, panduan yang bisa langsung digunakan dan retensi pengetahuan meningkat. Selain itu mobile learning  juga meningkatkan fleksibilitas belajar dengan memungkinkan karyawan Anda belajar di mana saja dan kapan saja, sehingga menjadi pilihan yang cocok untuk memungkinkan pembelajaran dalam alur kerja. Pembelajaran seluler memungkinkan pelajar untuk belajar saat bepergian dan memberi mereka kendali atas cara mereka belajar. Modul dan kursus pembelajaran seluler dapat dibuat menggunakan berbagai format desain yang sering digunakan pada ponsel cerdas dan tablet. Berikut beberapa penjelasan mengenai bagaimana mobile learning dapat digunakan dalam pelatihan

Modul Pembelajaran yang Singkat.

Module pembelajaran mobile learning menawarkan durasi pembelajaran yang singkat dengan berbagai topik dan keterampilan. Anda dapat merancang setiap modul untuk memenuhi hasil pembelajaran tertentu atau tujuan pelatihan. Anda dapat memberikannya kepada karyawan sebagai program pelatihan terjadwal atau sebagai bagian dari perjalanan pembelajaran berkelanjutan. Konten yang telah di buat dapat dihosting di platform pembelajaran mikro, aplikasi seluler, atau di LMS organisasi untuk memungkinkan pelajar menemukannya dengan mudah.Modul pembelajaran seluler berukuran kecil membuat pembelajaran menjadi mudah dan nyaman bagi karyawan Anda. Mereka dapat merujuk dan mengingat informasi di perangkat seluler mereka pada saat dibutuhkan. Dengan demikian, Anda dapat mendorong pembelajaran yang dipersonalisasi di antara karyawan Anda.

Sediakan Tools Tambahan untuk Media Pembelajaran.

Buatlah konten pembelajaran yang bisa membantu proses pembelajaran seperi dokumen pdf, workflow, infografis dll. Infografis adalah pendekatan visual kreatif lain yang membantu karyawan Anda mengingat dan menyimpan informasi tentang tugas sehari-hari mereka. PDF berfungsi sebagai penghitung yang siap untuk akses tepat waktu ke suatu konsep, prosedur, atau informasi spesifik. Alat pembuatan terbaru memungkinkan Anda membuat PDF interaktif yang berisi lebih banyak detail tentang topik, konsep, atau proses ke dalam satu PDF untuk akses mudah bagi karyawan Anda. Karyawan dapat menggunakan PDF seperti panduan pembelajaran singkat atau alat referensi cepat. Anda dapat menawarkan semua alat ini sebagai bagian dari mobile learning.

Video Pendek

Video adalah salah satu metode mobile learning paling populer yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan solusi pembelajaran lainnya. Video mudah diakses oleh karyawan Anda di perangkat favorit mereka seperti ponsel cerdas dan tablet. Video pendek dan terfokus 3 hingga 5 menit adalah cara yang bagus untuk menjelaskan suatu konsep, mengingat/menyegarkan kembali pengetahuan mereka tentang produk/layanan/strategi, dan membantu menyelesaikan masalah ketika karyawan Anda terjebak pada suatu titik dalam pekerjaan mereka. Video dapat mencakup animasi teks, animasi grafis, contoh ilustratif, interaktivitas, proses atau prosedur, saran dari pakar industri, dll. Misalnya, video pakar menawarkan saran yang tak ternilai kepada karyawan Anda, wawasan industri, sudut pandang, info terbaru, saran, dan banyak lagi langsung di ujung jari mereka. Dengan video explainer, konsep rumit dan proses kompleks menjadi mudah bagi karyawan Anda. Anda dapat menawarkan video pendek sebagai bagian dari pembelajaran seluler.

Gunakan Gamifikasi dalam Pelatihan Anda.

Desain pembelajaran berbasis permainan memungkinkan peserta didik untuk mengeksplorasi, menghadapi tantangan, dan mendapatkan penghargaan atas pencapaian yang telah dia lakukan. Kombinasi gamifikasi dan mobile learning memotivasi karyawan Anda untuk belajar sebagai bagian dari alur kerja mereka. Mereka dapat bermain game dan belajar sesuatu yang baru ketika mereka memiliki waktu luang atau ketika mereka ingin beristirahat dari jadwal sibuk mereka. Kuis berbasis game, evaluasi, dan fitur lain yang mudah diakses di smartphone atau tablet meningkatkan peluang pelajar mengakses konten saat mereka menginginkannya. Dengan demikian, gamification dapat dimasukkan dalam mobile learning agar karyawan dapat belajar dan bersenang-senang, dengan fokus pada pembelajaran dalam alur kerja.  

Kesimpulan

Pelatihan mobile learning sangat disarankan bagi perusahaan untuk menyiapkan sumberdaya yang mumpuni. iSpring Learn adalah media pembelajaran yang bisa mendukung pelatihan di perusahaan Anda. Peserta pelatihan dapat dengan mudah mengakses melalui semua perangkat, belajar secara offline, gamifikasi learning , video tutorial dan lain – lain.