26 Jul 2021

Pelatihan Kolaborasi untuk Karyawan secara Online

Pelatihan kolaborasi adalah salah satu metode pelatihan dimana karyawan dapat berbagi pengetahuan dan keahlian mereka, belajar secara virtual memungkinkan untuk berbagai dalam waktu yang sama satu sama lain. Kemudahan pelatihan kolaborasi secara virtual dapat meningkatkan keterampilan, ide dan pengetahuan dari setiap karyawan. Berikut manfaat dari pelatihan kolaborasi untuk karyawan secara online.  

Meningkatkan interaksi dan minat dalam pelatihan

Pelatihan kolaborasi berfokus pada interaksi dan keterlibatan satu sama lain di setiap kegiatan pembelajaran. Setiap karyawan dapat berkomunikasi dan memberikan pendapat  untuk kebutuhan belajar mereka masing-masing, dengan begitu akan memperkuat tanggung jawab individu untuk hasil pelatihan dan memastikan materi pelatihan relevan untuk setiap karyawan.

Membuat materi online yang relevan

Ada beberapa materi pembelajaran yang harus dikirimkan dengan cepat agar materi tetap relevan, contohnya  adanya materi yang berulang dan kursus yang berlanjut. Pelatihan kolaborasi yang baik adalah dengan membuat kelas online yang bertahap dan berlanjut sehingga materi yang diterima menjadi relevan, Untuk materi yang berulang, penulis atau pembuat materi dapat memperbarui informasi dengan menambahkan elemen baru, menunjukan perkembangan baru di lapangan dan membuat saran untuk memperbarui informasi. Dengan demikian pembuat materi dapat mengirimkan materi terbaru dengan cepat dan mudah, karena kursus di buat dengan cara modular yang mudah disesuaikan, bukan sebagai konten monolitik yang tidak dapat disesuaikan.

Menyiapkan loop umpan balik berkelanjutan

Dengan metode pelatihan kolaborasi, akan ada perubahan dari pembelajaran ataupun dari materi yang anda buat. Umumnya perserta didik akan memberikan umpan balik dan saran mengenai materi yang mereka dapatkan sehingga anda dapat menyempurnakan materi yang ada. Dengan adanya umpan balik dan evaluasi materi, membuat tim menjadi fokus untuk berbagi dengan tim yang lain dan memperoleh pengetahuan secara efektif karena memungkinkan untuk berinteraksi dengan rekan sedivisi.

iSpring Learn LMS dapat membantu perusahaan/lembaga anda menerapkan pembelajaran kolaboratif. Siswa dapat berkontribusi untuk memberikan pendapat dan masukan agar materi e-learning lebih menarik. Askarasoft merupakan partner iSpring untuk pelatihan dan implementasi iSpring.