17 Jul 2019

Kesalahan Umum Pembuatan Aplikasi E-Learning Versi Mobile

Kesalahan-umum-pembuatan-aplikasi-elearning

Aplikasi E-Learning sudah menjadi trend di dunia pendidikan sekarang ini. Banyak orang atau instansi pemerintah atau swasta yang sudah memanfaatkan metode pengajaran berbasis online ini.

Selain efektif dari segi waktu, penggunaan Aplikasi E-Learning juga dirasa lebih meminimalisir biaya daripada dengan metode konvensional yang mewajibkan pengajar dan siswa stay on site.

Tetapi di sisi lain, karena penggunaan Aplikasi E-Learning dianggap mudah dilakukan oleh siapapun, terkadang materi yang diberikan sangat minim pembahasan, desain yang asal-asalan atau tanpa melalui proses recheck sebelum diberikan oleh peserta didik.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan atau sering terdapat dalam materi Aplikasi E-Learning :

Terlalu Banyak Teks

Pengguna yang menggunakan aplikasi e-learning mengharapkan pembelajaran yang lebih interaktif ketimbang menggunnakan buku. Rangkum informasi yang penting ke dalam beberapa poin dan gunakan kombinasi multimedia dan text. Hal ini agar tidak menimbulkan kesan aplikasi e-learning yang kompleks.

Desain Tidak Responsive

Hal paling mendasar pada aplikasi e-learning adalah aplikasi harus responsif. Pengguna aplikasi e-learning umumnya menginginkan pembelajaran via mobile sehingga aplikasi harus disusun agar mudah diakses, tidak memerlukan banyak klik, dan tidak perlu melakukan zoom untuk melihat konten.

Tidak Memiliki Fitur Tes atau Ujian

Pembelajaran merupakan proses interaktif sehingga ujian perlu untuk memberikan masukan terhadap pengguna. Aplikasi e-learning mobile harus menyediakan sistem ujian dengan penilaian otomatis. Fitur ujian membuat pengguna bisa berimprovisasi seiring perkembangan.

Pembelajaran Offline

Akses ke materi pembelajaran secara offline merupakan hal yang mutlak terutama untuk pengguna yang mobile. Aplikasi e-learning harus mengakomodir kebutuhan untuk mengunduh materi secara online kemudian dapat diakses secara offline

Kesimpulan

Sebelum pengajar melakukan eksekusi penyusunan Aplikasi E-learning, idealnya harus melakukan perencanaan materi, tampilan, dan melalui tes pengujian agar apa yang diberikan kepada peserta didik tidak terkesan sembarangan dan memiliki standar kualitas.

Apabila anda, sebagai tenaga pengajar, ingin membangun Aplikasi E-Learning yang profesional dan berkualitas, ada baiknya anda mendalami dahulu tentang Aplikasi Ispring sebagai tool pembuatan E-Learning.

Ispringindonesia.com sebagai penjual aplikasi Ispring resmi, memberikan konsultasi mengenai hal tersebut. Anda bisa menghubungi kami untuk mengetahui atau mempelajari lebih dalam tentang aplikasi Ispring ini.