08 Nov 2021

E-Learning Berbasis SCROM yang Bisa di Akses Melalui Smartphone

Tren pembelajaran akibat pandemi adalah berbasis seluler , dimana pengguna mengakses konten melalui smartphone, computer tablet atau device lainnya. SRCOM atau LMS adalah salah satu konten pembelajran interaktif yang bisa di akses melalui smartphone. Namun seiring berjalannya waktu, muncul pertanyaan baru apakah sistem SCROM dapat melacak catatan kelas melalui smartphone? bisakah mengakses materi secara offline ? , berikut  beberapa penjelasan untuk mengetahui bagaimana E-Learning berbasis SCROM yang bisa diakses melalui smartphone dapat membantu anda.

Apakah format SCROM bisa di akses di smartphone ?

Sebagian besar pengguna beranggapan bahwa SCROM tidak berfungsi di smartphone. Hal ini tidak benar karena SCORM bukan format konten, sehingga tidak memerlukan dukungan khusus yang diterapkan untuk bisa di akses di semua perangkat. Yang dibutuhkan agar berfungsi dengan baik adalah browser web modern dengan kemampuan untuk menjalankan kode JavaScript – semacam fungsi yang dapat Anda harapkan dari semua perangkat seluler saat ini. SCORM akan bekerja pada smartphone dan tablet jika konten pelatihan itu sendiri berfungsi.

Apakah kursus SCORM dapat ditampilkan dengan benar di smartphone ?

SCORM tidak memengaruhi tampilan konten Anda di browser – ingat, ini bukan format konten, ini hanya fitur layanan yang diterapkan di kursus Anda yang memungkinkannya berkomunikasi dengan LMS yang sesuai dengan SCORM. Jika kursus terlihat buruk di layar smartphone anda, mungkin karena alat pembuatnya tidak dapat menghasilkan konten siap-seluler, atau LMS mengalami masalah dalam menampilkan konten tersebut di layar yang lebih kecil. Jika Anda mencari alat pembuat kursus yang dapat menampilkan layar ponsel cerdas yang sesuai dengan SCORM, silahkan coba iSpring Suite.

Bagaimana cara untuk memastikan Kursus SCORM dapat di akses di mobile phone ?

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil, sebaiknya Wi-Fi. Komputer desktop selalu terhubung ke beberapa jenis jaringan. Bahkan jika tidak ada koneksi internet, mungkin ada kabel yang menghubungkan perangkat ke semacam intranet tempat LMS perusahaan di-host. Ini berarti jika Anda mengikuti kursus pelatihan di komputer ini, statistik pelatihan Anda harus selalu tercatat dengan sempurna. Manfaatkan aplikasi khusus yang disediakan oleh LMS, seperti iSpring Learn. Dengan iSpring Learn anda bisa mengkases materi kursus SCROM secara offline dan nantinya ketika terkoneksi internet maka peloporan materi yang telah anda kerjakan menajdi terupdate, hal ini sangat memudahkan anda untuk bisa mengakses dan menyelesaikan kelas dengan tepat waktu .

Kesimpulan

Ada beberapa point pernting yang harus anda perhatikan mengenai kurus SCROM : SCORM bukan format konten seperti Flash atau HTML5, sehingga  tidak memengaruhi tampilan kursus Anda di layar. SCORM dapat digunakan di smartphone atau desktop.anda, dan SCORM hanya akan berfungsi dengan baik jika perangkat Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Statistik pelatihan Anda tidak akan tercatat jika Anda mengikuti kursus secara offline. Untuk merekamnya, Anda perlu memanfaatkan aplikasi seluler seperti iSpring Learn.Dan jika Anda tidak yakin alat pembuatan konten elearning berbasis scrom  yang harus dipilih maka cobalah iSpring Suite. Ini adalah aplikasi desktop yang memberi Anda akses untuk membuat kuis, slide interaktif, kuliah video, dan banyak format konten lainnya.