10 May 2022

Cara Mudah Membuat Video Presentasi dengan PowerPoint

Pengguna internet saat ini lebih tertarik dengan konten berbasis video, dibandingkan dengan artikel, gambar dan media lainnya. Setiap harinya, orang – orang dapat menghabiskan waktu berjam jam untuk melihat video dan beralih dari video satu ke video lainnya. Ini lah mengapa banyak perusahaan menggunakan cara ini untuk kepentingan bisnis mereka. Salah satu bentuk video yang popular adalah video presentasi, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mudah membuat video presentasi dengan PowerPoint.

Apa itu Video Presentasi?

Video presentasi adalah salah satu konten berdurasi beberapa menit yang berisi manfaat suatu produk, layanan, atau apapun dalam bentuk grafis yang menarik, teks singkat dan narasi yang sesuai. Biasanya video presentasi digunakan untuk kampanye pemasaran, pelatihan karyawan atau komunikasi dengan klien. Anda bisa membuat video presentasi dengan berbagai format, seperti menyertakan video animasi, screencast, video tutorial, presentasi produk atau slide PowerPoint, selain itu anda juga bisa narasikan dengan tampilan pembicara di dalamnya. Silahkan coba menggunakan  iSpring Suite untuk membuat format presentasi video yang menarik.

Cara mudah membuat video presentasi.

Setelah Anda mengetahui fungsi dari video presentasi, berikut cara mudah membuat video presentasi dengan PowerPoint dengan menggunakan iSpring Suite. iSpring Suite adalah alat yang mudah digunakan untuk membuat video presentasi interaktif , Anda dapat mengonversi presentasi yang telah Anda buat di PowerPoint, merekam video terpisah, atau menggabungkan keduanya untuk membuat presentasi dengan pembicara didalamnya. Jika Anda belum memiliki iSpring Suite, silahkan unduh secara gratis dan instal di komputer Anda sekarang.

Langkah 1. Tambahkan narasi video

Buka presentasi Anda di PowerPoint. Lalu buka tab iSpring Suite dan klik Manage  Narration.

Setelah jendela iSpring Narration Editor muncul, Anda dapat merekam narasi video baru atau mengimpor file video yang ada.

Mengimpor file video

Untuk mengimpor file video yang ada, klik tombol Video di tab Impor.

Temukan file video dan klik tombol Open. Anda dapat menyisipkan beberapa video sekaligus. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Ctrl sambil memilih beberapa file.

Pada menu Impor Video, Anda memiliki pilihan untuk mengimpor video Anda pada posisi kursor saat ini atau di awal slide pilihan Anda.

Note : Jika Anda memilih untuk mengimpor video Anda di awal slide tertentu, Anda akan memiliki opsi untuk memilih opsi Sesuaikan durasi slide. Ini akan menyesuaikan slide yang telah Anda pilih dengan panjang video Anda.

Merekam narasi

Untuk merekam diri Anda sedang bercerita di webcam, klik tombol Record Video pada menu editor toolbar.

Panel Rekam Video Narasi akan muncul.Anda dapat menambahkan narasi video untuk satu atau beberapa slide sekaligus. Untuk merekam video untuk slide saat ini, tandai Hanya proses slide saat ini.

Langkah 2. Sinkronkan video dengan slide

Proses sinkronisasi cukup mudah digunakan. Cukup tempatkan kursor di mana sinkronisasi akan dimulai dan klik tombol Sync pada toolbar. Panel Sinkronisasi akan muncul di atas garis waktu. Klik tombol Mulai Sinkron untuk memulai proses.

Tombol Start Sync  akan diganti dengan tombol Next Slide atau Next Animation, tergantung pada elemen berikutnya dalam presentasi Anda. Klik tombol-tombol itu pada saat yang tepat. Tekan tombol Animasi Berikutnya pada titik di narasi tempat Anda ingin memulai animasi berikutnya. Misalnya, jika Anda mencantumkan informasi, Anda dapat membuat setiap item baru muncul saat narator menyebutkannya dalam narasi video.

Setelah Anda selesai, klik Selesai untuk keluar dari mode Sinkronisasi. Kemudian tekan tombol Simpan & Tutup di sudut kiri atas.

Langkah 3. Ganti tata letak di properti slide

iSpring memungkinkan Anda untuk mempublikasikan materi menggunakan salah satu dari dua pemutar: tampilan Universal yang dapat disesuaikan atau tampilan Video Lecture, yang menampilkan presentasi dalam tata letak 50/50 dan memungkinkan pemirsa untuk mengubah proporsi antara video dan slide kapan saja.

Langkah 4. Publikasikan presentasi video Anda

Ketika presentasi video Anda sudah siap, langkah terakhir adalah mempublikasikannya ke format web sehingga dapat diakses dengan mudah melalui browser.

Pada menu Publish Presentation, pilih tab My Computer dari menu sebelah kiri. Masukkan judul presentasi dan pilih folder Lokal tempat presentasi akan disimpan. Di bawah Opsi Output, pilih format. Kami akan memublikasikan ke format HTML5 untuk membuat presentasi video kami diputar dengan mulus di semua platform dan perangkat.

Untuk membuat presentasi Anda lebih baik, pertimbangkan tip berikut untuk membuat presentasi video yang sukses:

Buat video Anda pendek dan menarik. Pertahankan klip video Anda cukup lama untuk memikat perhatian audiens Anda, tetapi cukup pendek untuk memicu rasa ingin tahu. Tujuan Anda adalah mempertahankan minat pemirsa dengan durasi optimal tidak lebih dari 4-7 menit.

Buat tujuan dan sasaran di awal presentasi dan tidak menyimpang dari pesan. Teks dan visual Anda harus berhubungan dengan materi pelajaran dan tidak mengurangi tujuan presentasi video Anda.

Tambahkan elemen yang menarik. Perkaya presentasi video Anda dengan konten yang bermanfaat dan menarik. Misalnya, tambahkan musik, infografis penuh warna, sematkan video YouTube, atau sisipkan kuis interaktif untuk melibatkan pelajar secara efektif.

Akhiri dengan catatan yang bermakna. Tinggalkan audiens Anda dengan sesuatu yang dapat mereka ambil dari presentasi. Ide, cerita pendek, representasi visual produk Anda, atau bahkan tautan ke situs web Anda berfungsi untuk memberikan akhir yang kuat yang diperlukan untuk menciptakan kesan yang bertahan lama.