18 Jan 2020

xAPI (Experience API) Sebagai Teknologi Baru E-Learning

experience-api

xAPI merupakan singkatan dari Experience API, yang merupakan standar terbaru untuk e-learning. Pada 2010, teknologi e-Learning masih banyak mengadopsi teknologi SCORM yang tidak dapat berfungsi pada aplikasi mobile. Teknologi tersebut masih memerlukan LMS login, koneksi Wi-Fi, dan membutuhkan akses browser. xAPI merupakan teknologi baru untuk mengatasi kendala ini. Dibandingkan SCORM yang hanya dapat menampilkan poin, xAPI dapat menampilkan juga aktivitas pengguna selama pembelajaran.

xAPI memiliki 2 bagian yaitu client dan LRS Endpoint. Client bisa berupa LMS, simulasi, dan aplikasi lainnya. LRS merupakan storage untuk penyimpanan data.

Koneksi antara client menggunakan xAPI statement yang dapat dikirimkan langsung atau ketika koneksi internet telah stabil. Setiap provider xAPI, contohnya materi xAPI harus memiliki alamat LRS sebelum dipublikasikan sehingga setiap laporan akan masuk ke dalam LRS.

LRS sendiri tidak dapat melakukan fungsi LMS antara lain manajemen data pengguna, menyimpan materi pembelajaran, chat, dll. LRS hanya digunakan untuk menyimpan data laporan dan perilaku pengguna untuk keperluan pelaporan. LRS dapat diletakkan pada server cloud atau pada domain yang sama. Keunggulan xAPI adalah bisa menyimpan data tidak hanya berupa poin dan persentase melainkan aktivitas pengguna seperti tombol yang diklik pengguna, slide apa saja yang diskip, dll.

iSpring merupakan salah satu authoring tools untuk e-learning yang mendukung fungsi xAPI. Askarasoft merupakan iSpring partner untuk membantu implementasi sistem e-learning di lembaga/perusahaan anda