16 Oct 2019

Aplikasi E-Learning berbasis Artificial Intelligence

ai-machine-learning-online-training

Artificial Intelligence atau yang lebih dikenal dengan AI, yang dalam bahasa Indonesia adalah Kecerdasan Buatan merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi dimana teknologi itu, dalam hal ini sebuah mesin atau aplikasi, yang dapat menggantikan pekerjaan manusia.

Definisi AI menurut beberapa tokoh :

“Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah– cerdas”

– H. A. Simon (1987)

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”

– Rich and Knight (1991)

“Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia”

– Idhawati Hestiningsih

Platform eLearning berbasis AI dapat melakukan berbagai hal yang memerlukan keahlian manusia seperti menganalisa suara, translasi bahasa, membuat keputusan, dll. Meskipun belum menjadi standar, namun platform pembelajaran berbasis AI dibutuhkan karena dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Berikut adalah 5 cara bagaimana teknologi AI dapat meningkatkan cara belajar online

Menjawab Pertanyaan

Salah satu keunggulan AI adalah kemampuan untuk menjawab pertanyaan dari peserta. Terkadang beberapa peserta pembelajaran enggan bertanya langsung selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan menambahkan fitur AI, peserta dapat bertanya kapanpun dan mendapatkan jawaban secara langsung.

Membuat Materi Baru

Membuat materi E-Learning merupakan hal yang cukup kompleks. Aplikasi AI apabila dikembangkan dengan baik dapat memberikan informasi dan mengubah menjadi materi baru. AI dapat menganalisa pertanyaan umum yang diajukan pengguna sehingga memberikan saran bagi pembuat materi untuk topik yang akan dibuat.

Natural Language Processing

AI memiliki teknologi NLP sehingga memungkinkan peserta bertanya dengan gaya bahasa mereka sendiri. Sehingga proses e-learning lebih menarik dan mudah bagi semua orang.

Sesi Personal

eLearning telah membantu perusahaan untuk memberikan pelatihan ke semua orang secara bersamaan. Namun, pemberian materi akan lebih efektif apabila disesuaikan dengan kebutuhan personal. Artificial Intelligence membantu untuk mempelajari performa peserta sebelumnya dan menganalisa gaya belajar mereka. AI menggunakan data untuk memberikan saran materi kepada pengguna.

Gamifikasi

Gamifikasi merupakan cara penting yang digunakan dalam eLearning untuk memotivasi pengguna dalam belajar. AI membantu menganalisa data riwayat pengguna dan memberikan update kepada mereka terkait perkembangan belajar mereka

Dampak dari penggunaan AI telah meningkat. Melalui 5 cara ini, kita dapat memperbarui teknik dalam eLearning sehingga pembelajaran lebih menarik dan efektif. iSpring merupakan salah satu sistem yang dapat digunakan untuk pembelajaran secara online berbasis AI. iSpring mengkombinasikan quiz, ujian, dan webinar untuk memberikan pelatihan kepada pengguna.

Untuk memahami lebih jauh mengenai dan bagaimana AI diterapkan dalam aplikasi elearning, anda bisa menghubungi kontak kami yang tertera di sini atau anda bisa melakukan obrolan dengan Customer Service di sini.