01 Feb 2021

Tips Membuat Materi eLearning dengan Mudah

Metode pembelajaran eLearning akan terus berkembang kedapannya. Kegagalan dalam memahami dan menerapkan proses pembelajaran eLearning bisa berakibat tidak baik pada tugas Anda. Komunikasi yang kurang akan menimbulkan pengertian yang berbeda antar tim, mulai dari tim internal yaitu antar pengguna dan tim eksternal yaitu vendor atau mentor dari pembuat konten eLearning. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam penggunaan konten eLearning :

Jangan Terpaku Pada Teknologi

Kesalahan yang sering terlihat adalah berfokus pada teknologi baru yang akan digunakan. Point utama yang sebaikanya di dahulukan adalah menentukan tujuan anda dalam menggunakan konten eLearning, untuk kemudian baru mengasah solusi secara teknis yang bisa disesuaikan dengan situasi Anda.

Kembangkan Persyaratan Proyek Multidimensi

Kunci untuk proyek yang sukses adalah memulai dengan pemahaman yang baik tentang tujuan akhir dan tugas individu yang digunakan untuk membuat kursus atau produk online. Analisis ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:
  • Analisa
Apa yang harus dipahami oleh pelajar setelah mengikuti kursus dan bagaimana mereka akan mampu tampil lebih baik di bidang pilihan mereka? Bagaimana mengikuti kursus eLearning mengubah dan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka? Apa yang harus dipahami oleh pelajar setelah mengikuti kursus Anda dan bagaimana mereka mampu memilih bidang yang sesuai kemampuan mereka ? Bagaimana cara mengubah dan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelajar setelah mengikuti kursus eLearning Anda?
  • Analisis pengguna
Siapa audiens produk eLearning? Apa yang sudah mereka ketahui dan apa konteksnya? Bagaimana mereka akan mengakses materi kursus?
  • Analisis teknis
Alat dan platform pengembangan apa yang tersedia dan paling sesuai untuk proyek? Apa standar dan batasan minimum? Apa pengalaman dan kemampuan tim produksi?
  • Analisis sumber daya
Berapa waktu dan anggaran untuk proyek tersebut?

Lupakan Anda Berurusan Dengan Dua Tim yang Berbeda

Tidak seperti kebanyakan pengembangan perangkat lunak, proyek eLearning memerlukan dua tim yang berbeda latar belakang yaitu tim pembuat kurikulum dan tim pengempang . Desainer Kurikulum dan Instruksional dilatih untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menarik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengembang perangkat lunak umumnya berasal dari latar belakang teknik. Tujuan mereka adalah memilih alat dan platform teknologi yang tepat untuk membangun produk. Mereka dilatih untuk menerjemahkan persyaratan bisnis ke dalam fungsi perangkat lunak dan membuat kode secepat dan seelegan mungkin. Kedua disiplin tersebut memiliki metodologi dan praktiknya sendiri.

Fokus Pada Pemahaman Proyek

Pemimpin proyek yang sukses memahami bahwa komunikasi yang jelas dan berdasarkan tujuan adalah keterampilan paling berharga yang dapat dikembangkan oleh seorang pemimpin. Pemimpin proyek juga harus menjaga pemahaman tentang tujuan, langkah-langkah yang diperlukan, ketergantungan tugas, dan dampak yang akan ditimbulkan. Dengan melacak dan melaporkan secara cermat apa yang berhasil dan yang tidak untuk setiap proyek dan tim, mereka membangun kumpulan pengetahuan yang dapat diterjemahkan ke dalam proses sistematis dan membangun basis pengetahuan yang memungkinkan peningkatan berkelanjutan untuk proyek-proyek yang akan datang. Askarasoft dapat membantu anda dalam membangung sistem e-learning untuk perusahaan/sekolah/instansi anda melalui platform iSpring Suite dan iSpring LMS. Hubungi kami untuk informasi lebih detil