19 Aug 2019

Metode eLearning Vs Metode Konvensional

Aplikasi E-learning memberikan kita kemudahan dalam sistem belajar mengajar. Hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, kita dapat melakukannya dengan mudah. Beberapa penyedia layanan eLearning bahkan tidak membutuhkan koneksi internet.

Sebagian orang mengatakan, sistem eLearning tidak akan sama dengan metode pembelajaran konvensional, dalam ruangan kelas. Pernyataan tersebut tidak sepenuh benar, karena masing – masing metode pembelajaran memiliki keunggulan masing – masing.

Berikut beberapa keunggulan dengan menggunakan metode eLearning dibanding metode konvensional :

Waktu yang Bebas

Melalui eLearning anda dapat langsung belajar melalui laptop anda, tidak terikat dengan waktu dan tidak perlu terjebak macet untuk mendapatkan pembelajaran. Hal ini juga membantu mengembangkan potensi siswa karena jam belajar tidak terikat waktu dan waktu luang yang ada dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak

Aksesibilitas

Melalui eLearning, siswa dapat bebas dalam memilih topik yang akan dipelajari. Tidak seperti pembelajaran di kelas dimana siswa harus mengikuti subyek tertentu pada jam tertentu. Selain itu, ketika ada ujian, siswa dapat melakukan ujian dimana saja baik di kafe maupun di rumah. Hal ini tidak berarti memudahkan sistem kecurangan karena saat ini teknologi e-learning sudah dilengkapi dengan sistem anti kecurangan

Kemudahan dalam memahami pembelajaran

Jika sebelumnya, siswa harus menghafalkan materi dan kemudian menuliskannya pada saat ujian, kini siswa dapat mempelajari satu topik baru dan langsung diuji melalui tugas atau ujian. Banyak siswa merasa takut bertanya di antara beberapa ratus siswa di kelas. Melalui eLearning, materi akan dijelaskan secara detail dan melalui animasi sehingga lebih mudah.

Elearning juga dilengkapi dengan sesi khusus untuk siswa bertanya kepada guru secara langsung dan dilaksanakan secara privat.

Biaya

Biaya pendidikan cukup tinggi apalagi jika ditambah dengan biaya transportasi, akomodasi, biaya ujian, dll. Pada eLearning, anda dapat mempelajari berbagai materi dengan mudah dan murah dibandingkan memperoleh pembelajaran di sekolah/institusi pendidikan.

Aplikasi eLearning akan menjadi platform yang akan terus mengalami perkembangan dengan memberikan kemudahan akses pembelajaran dan biaya yang lebih terjangkau.

iSpring merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk pembelajaran eLearning. Sebagai partner iSpring, Askarasoft, memberikan layanan eLearning dalam hal implementasi, pelatihan, dan setup aplikasi. Kunjungi www.askarasoft.com/ispring untuk informasi lebih jelas.