29 Mar 2021

Tips Membuat Konten eLearning Lebih Menarik

Hindari Membuat Konten Pelatihan yang Membosankan

Pelajar sering mendapatkan materi atau topik pelatihan yang monoton, meskipun kadang disesuaikan dengan pengalaman belajar mereka. Umumnya materi yang bertema serius atau teknis, kurang menarik dalam penyampaiannya. Namun Anda dapat meningkatkan daya tarik konten pelatihan dengan membuatnya lebih interaktif dengan mengggunakan tools eLearning. Materi yang Anda buat akan lebih interaktif dan tidak moton walaupun konten bertem serius atau teknis.

Gamifikasi

Mungkin cara termudah untuk membuat solusi eLearning khusus lebih menarik dan interaktif adalah dengan memasukkan gamifikasi ke dalam aktivitas atau kursus secara keseluruhan. Gamifikasi bisa sesederhana menetapkan sistem poin ke respons pelajar. Misalnya, buat simulasi atau skenario pelatihan yang menantang peserta didik untuk memilih dari berbagai pilihan. Setiap opsi dapat memiliki nilai terkaitnya sendiri dan berkontribusi pada peningkatan atau penurunan dalam pengukuran kinerja akhir.

Pembelajaran Eksperiensial

Meningkatkan keterampalin dengan menggunakan pelatihan digital kadang sulit untuk diciptakan, tetapi ada beberapa teknologi pelatihan yang dapat membantu. Seperti video interaktif, model 3D dan Augmented/Virtual Reality dapat membuat materi pelatihan secara efektif untuk mengajarkan proses yang kompleks. Umumnya pelatihan berbasis teks untuk materi keterampilan kurang memberikan dampak bagi pembacabahkan gagal membentuk perilaku yang diinginkan.

Konten yang Tidak Relevan

Jika pelajar merasa bahwa konten pelatihan memiliki sedikit hubungan dengan peran mereka atau tidak meningkatkan pengembangan pribadi mereka, mereka akan segera kehilangan minat. Jadi, selaraskan solusi eLearning khusus terlebih dahulu dengan tujuan bisnis dan kinerja yang konkret. Setelah Anda memiliki visi tentang jenis pelatihan yang paling penting, Anda dapat mengidentifikasi kekurangan dalam program Anda saat ini dan merancangnya sesuai dengan tujuan.

Data yang Hilang

Bagaimana Anda mengetahui solusi eLearning yang Anda buat bisa memberikan perbedaan? Ukur keefektifan program dengan menggunakan platform pembelajaran yang mengevaluasi kemajuan peserta didik Anda. Ini bisa sesederhana memberi peserta tes awal untuk mengukur tingkat pengetahuan mereka sebelum pelatihan dimulai, kemudian membandingkannya dengan tes yang diberikan setelah pelatihan berakhir.

Kesimpulan

Membuat konten eLearning kustom yang efektif¬† biasanya memerlukan strategi desain instruksional yang inovatif dan mempunyai pengalaman antarmuka bagi pengguna. Maksimalkan pelatihan Anda dengan berfokus pada desain konten dan dampak yang akan memperngaruhi peserta didik Anda. Dengan menggunakan iSpring Suite Anda bisa membuat konten lebih menarik, efektif dan mudah.