22 Jun 2020

Panduan Membuat Materi Moodle dengan iSpring Free

Fitur utama yang di tawarkan oleh Moodle adalah pembelajaran online berbasis web atau sistem yang dibuat khusus untuk manajemen pembelajaran. Dengan maraknya pembelajaran e-learning banyak pengguna mencari aplikasi yang bisa membuat pelatihan atau materi pembelajaran mereka menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan iSpring Free Anda bisa membuat materi dengan mudah hanya dengan mengubah presentasi PowerPoint menjadi materi e-Learning. Dan itu tidak memerlukan biaya apapun, cukup publish materi Anda menjadi SCORM lalu unggah ke Moodle dan siap untuk digunakan.

  • Unduh dan instal iSpring Free. Perhatikan bahwa ini berjalan pada Windows, jadi Anda harus memiliki Microsoft Office untuk menggunakannya.
  • Untuk membuat kursus dari awal, buka iSpring Free dan klik New Course. Catatan: Ketika Anda membuka iSpring Free, itu hanya menjadi tab lain di bagian atas di PowerPoint. Tampilan yang bercampur dengan PowerPoint menjadikan iSpring mudah dan ramah pengguna. Dengan demikian, karena hampir semua orang telah menggunakan PowerPoint, penggunaan iSpring Free tidak memerlukan pelatihan secara khusus.
 

  • Isi slide Anda dengan teks, gambar, hyperlink, multimedia, dan grafik interaktif, sesuai kebutuhan.
  • Anda mungkin juga ingin memeriksa pengetahuan peserta didik setelah mereka mempelajari teorinya. Untuk tujuan ini, iSpring Free memungkinkan Anda untuk membuat kuis pilihan ganda, respons ganda, dan jawaban singkat interaktif hanya dalam hitungan menit. Klik Kuis pada toolbar iSpring Free dan pilih kuis bertingkat.
 

  • Kuis.
  • Pilih jenis pertanyaan dan isi templat dengan pertanyaan dan jawaban.
  • Jika perlu, sesuaikan pengaturan umpan balik untuk pertanyaan dan aktifkan percabangan jika Anda ingin peserta didik Anda pindah ke berbagai pertanyaan atau slide tergantung pada jawaban mereka.
  • Setelah Anda membuat konten dan slide kuis dan mengonfigurasinya dengan efek atau parameter yang diperlukan, Anda siap untuk mempublikasikan e-Learning Anda ke Moodle LMS. Klik Terbitkan pada bilah alat iSpring Free. Di jendela yang terbuka, pilih tab LMS → SCORM 1.2.
  • Klik Customize untuk mengonfigurasi informasi kursus dan pengaturan pelacakan Anda. Yang terakhir ini sangat penting untuk melacak hasil kuis peserta didik. Setelah masuk, Anda dapat menyesuaikan bagian Kemajuan dan Penyelesaian. iSpring Free menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk membuat eLearning yang tangguh, interaktif, dan sesuai-Moodle. Tetapi jika Anda tertarik pada fitur yang lebih canggih, seperti narasi audio / video, simulasi percakapan, dan jenis pertanyaan kuis tambahan, maka Anda selalu dapat meningkatkan ke iSpring Suite.

    Setelah Anda menerbitkan modul pembelajaran Anda sebagai paket SCORM yang ramah-Moodle, Anda harus mengunggahnya ke platform. Untuk melakukan ini, buat kursus baru di Moodle menggunakan Administrasi Situs → Kursus → Tambahkan kursus baru dan isi info yang diperlukan.

    Kemudian klik Simpan & Tampilkan di bagian bawah halaman. Klik nama singkat kursus Anda di sebelah kiri dan pilih Tambahkan aktivitas atau sumber daya di bawah Topik 1: Pilih Paket SCORM dari menu pop-up dan klik Tambah: Masukkan nama untuk modul Anda dan unggah file ZIP yang dihasilkan iSpring di bagian Paket : Kemudian gulir ke bawah dan klik Simpan dan kembali ke kursus untuk kembali ke struktur kursus, atau klik Simpan dan tampilkan → Masuk untuk melihat pratinjau modul yang baru Anda unggah di Moodle : Dan, lihat, Anda baru saja mengunggah modul pembelajaran Anda ke portal pembelajaran Anda :