08 Mar 2021

Kunci Membuat Pembelajaran Aktif Melalui Kelas Online

Membuat kelas online yang interaktif membantu meningkatkan minat siswa Anda dalam mengerjakan tugas yang Anda berikan. Anda bisa menggunakan iSpring Suite authoring toolkit untuk memudahkan membuat kursus yang menarik karena Anda bisa : 1) menambahkan berbagai jenis konten seperti slide, video mengajar, kuis, simulasi dialog, screencast dan interasi,  2) tersedianya template dan gambar yang bisa Anda tambahkan pada materi Anda, seperti kumpulan foto dengan berbagai macam profesi, icon, background gambar dan lain lain. Berikut beberapa cara atau kunci untuk membuat pembelajaran aktif melalui kelas online

Kuis

Selama kelas materi yang sudah Anda berikan telah di pahami oleh para siswa, Anda ingin memberikan simulasi untuk mengetahui tingkat pemahaman para siswa, Anda bisa membuat mini kuis dengan menggunakan iSpring Suite. Seperti yang disebutkan, membuat kuis di iSpring Suite sangat mudah. Dengan aktivitas pilihan ganda, seret-dan-lepas, dan pencocokan yang populer, di antara total 14 jenis pertanyaan, membuat pemeriksaan pengetahuan yang menarik bagi siswa Anda sangatlah mudah. Untuk membuat tes anti curang, Anda dapat mengacak pertanyaan dan jawaban, menentukan jumlah percobaan yang diperbolehkan, dan memberi aturan untuk penilaian.

Feedback

Feedback atau umpan balik dapat membantu siswa untuk mengetahui respon dari jawaban atas pertanyaan yang telah mereka kerjakan. Dengan adanya feedback para siswa akan merasakan bahwa guru dekat dan peduli dengan siswa sehingga mereka semangat dan tertarik untuk mengerjakan tugas yang Anda berikan.

Gamification

Gamification atau gamifikasi. Jika Anda menggunakan sistem pengelolaan pembelajaran (LMS) untuk menyampaikan kursus, kemungkinan besar itu memiliki fitur gamifikasi. Pertimbangkan untuk memberikan poin dan lencana ketika siswa menyelesaikan tugas mereka, dan gunakan papan peringkat untuk melibatkan mereka dalam persaingan yang sehat.  

Sertifikat.

Selain poin dan lencana yang menarik, sertifikat digital bisa dengan mudah anda buat  dan berikan kepada siswa sebagai bentuk pencapaian nyata. Banyak LMS memungkinkan Anda untuk memberi siswa Anda sertifikat secara otomatis saat mereka menyelesaikan kursus.  

Mobile

Mobile atau seluler. Saat ini banyak media pembelajaran menggunakan seluler untuk mengerjakan tugas sekolah. Untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas Anda memerlukan media yang dapat diakses dengan mudah pada seluler yang digunakan. iSpring Suite dapat menjadi pilihan untuk membuat materi yang bisa di akses pada seluler Anda.

Cara Membuat Siswa Aktif dalam Belajar Online

Demokratisasi. Berikan suara dan pilihan kepada siswa tentang apa dan bagaimana mereka belajar dan mendemonstrasikan pembelajaran, selama hal ini dapat diterapkan.

Membuat daftar kehadiran untuk mengetahui keberadaan siswa yang berada di luar kelas. Dengan adanya informasi kehadiran memungkinkan Anda menjangkau keterlibatan siswa dalam kehadiran kelas yang Anda buat.

Active Learning, dengan membuat beberapa tugas kelompok seperti mewawancarai orang orang di komunitas mereka tentang topik yang berhubungan dengan kursus yang dapat memberikan relevansi pada materi yang akan disampaikan.