28 Jun 2021

Cara Membuat Pelatihan Penjualan Online yang Efektif

Langkah 1. Lakukan analisis kebutuhan pelatihan

Ketika melakukan analisis materi pelatihan, penting bagi Anda untuk megembangkan strategi secara jelas untuk menguraikan tujuan pelatihan Anda. Seperti materi apa yang ingin Anda ajarkan dan uraikan apa tujuan dari pembelajaran ini atau keterampilan apa yang harus di capai dari materi yang Anda buat. Kuncinya adalah fokus pada apa yang Anda miliki dan menyadari kelemahan yang ada, misalnya tim penjualan Anda mayoritas bersikap terbuka dan ramah. Tetapi jika mereka tidak dapat atau belum maksimal dalam target pekerjaan maka itu menjadi kelemahannya. Dan tugas Anda dengan membuat materi pelatihan dapat menjadi solusi untuk mengisi kesenjangan pengetahuan mereka sehingga mereka mengetahui apa yang harus dilakukan.

Langkah 2. Research dan buat outline materi

Jika Anda belum menemukan masalah yang ada maka Anda belum bisa menemukan solusi yang tepat, Anda dapat melakukan penelitian dengan menentukan tujuan dan arah. Dengan begitu materi yang dihasilkan akan terfokus, relevan dan sangat aplikatif. Tetapi penelitian sedikit lebih rumit dalam hal komunikasi dalam penjualan. Dalam hal ini, sumber daya terbesar Anda adalah tim penjualan dan pelanggan Anda. Dengan kata lain, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan survei dengan pertanyaan yang bijaksana yang tidak hanya mengukur dan menilai cara tim Anda menangani situasi tertentu dalam proses penjualan, tetapi juga kinerja mereka di mata pelanggan.

Langkah 3.Siapkan konten

Materi Anda harus memberi staf penjualan Anda tiga jenis peluang:

  1. Materi yang berisi mengenai model penjualan yang telah dicoba dan diuji. Dengan begitu, tim penjualan dapat memanfaatkan pengetahuan tentang apa yang memotivasi pembeli dan menjalankan komunikasi penjualan yang tepat.
  2. Berikan pertanyaan simulasi untuk mengetahui seberapa baik tim memahami materi yang telah meraka kerjakan.
  3. Buat materi simulasi komunikasi penjualan untuk mengetahui pertanyaan apa yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Anda perlu membuat script atau beberapa scenario peran untuk mencontohkan cara terbaik dalam menangani pelanggan dalam keadaan tertentu atau pelanggan dengan permintaan khusus (contohnya pelanggan yang marah, hemat, agresif).
Langkah 4. Buat Tampilan Materi yang Menarik

Setelah Anda mengetahui materi kursus apa yang harus Anda buat, sebaiknya Anda buat materi dengan tools yang tepat. Dalam pembuatan materi eLearning banyak sekali pilihan yang bisa membantu Anda dalam membuat slide materi dan kuis. Dengan iSpring Suite Anda bisa membuat materi yang lebih interaktif, intutif, dan tentunya dengan penggunaan yang mudah.

Kesimpulan

Pelatihan komunikasi penjualan online yang efektif  dan berhasil  dapat dilihat dari perubahan perilaku tim dan keterampilan yang diperoleh setelah menggikuti pelatihan. Perusahaan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar  untuk pengembang pihak ketiga, juga tidak perlu mengganggu jadwal kerja yang sedang berlangsung dengan pelatihan di tempat. Alat yang tepat akan mempercepat Anda dalam waktu singkat. Dengan iSpring Suite Anda bisa membuat materi pelatihan penjualan online menjadi lebih efektif.