26 Oct 2019

Bagaimana E-Learning Dapat Membantu Perkembangan Siswa di Universitas

Pembelajaran tradisional berbasis kelas sudah mulai ketinggalan jaman dimana siswa saat ini dapat mengakses informasi dimana saja melalui teknologi. Beberapa universitas telah menerapkan digital learning. Beberapa keunggulan pembelajaran digital learning adalah sbb :

  1. Kebebasan bagi siswa tanpa keterbatasan waktu dan lokasi

Teknologi e-learning telah sangat mempermudah siswa untuk belajar dimana saja. Hanya berbasiskan smartphone, siswa dapat menghadiri kuliah online melalui perangkat mereka, mengakses rekaman kelas, dan mengambil ujian berdasarkan materi di hari tersebut. Mereka dapat melakukan ini dimana saja dan kapanpun

  1. Memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka

Ada beberapa siswa yang lebih mudah untuk belajar dengan melihat / mendengar / membaca teks / melakukan sesuatu. Melalui fitur e-learning, siswa dapat memilih metode pembelajaran yang cocok sesuai dengan gaya belajar mereka. Apakah dengan video, narasi, atau teks

  1. E-Learning dapat menghemat biaya

Digital learning lebih murah ketimbang menghadiri kuliah di kelas. E-learning memotong biaya perjalanan, pembelian buku, alat tulis, dan materi pembelajaran. Belum lagi apabila harus menyewa akomodasi di sekitar universitas.

  1. Materi dapat diberikan lebih cepat

Teknik digital learning atau e-learning dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mempelajari materi yang spesifik. Hal ini karena materi e-learning lebih fokus dan dapat dimasukkan ke dalam satu materi sehingga materi yang sebelumnya membutuhkan waktu 2 minggu kini dapat diselesaikan dalam sehari. Siswa juga memiliki pilihan apakah mereka akan mempelajari modul dan melompati modul yang tidak relevan.

Digital learning memberikan banyak manfaat bagi universitas. Universitas harus dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis e-learning untuk siswa nya. Salah satu sistem yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan e-learning adalah iSpring.

iSpring merupakan media yang digunakan untuk membuat materi e-learning berupa video, text, gambar, dan quiz. iSpring dilengkapi dengan iSpring LMS sehingga siswa dapat membuka materi pembelajaran melalui handphone dan mengikuti ujian secara online.

Askarasoft merupakan partner iSpring di Indonesia untuk proses implementasi dan pelatihan.