14 Apr 2020

5 Langkah Mudah untuk Pelatihan Jarak Jauh

Bekerja dari rumah adalah topik hangat saat ini dan  menjadi pilihan bagi para perusahaan untuk menghadapi pandemi COVID-19.  Baik pemerintahan maupun perusahaan swasta akhirnya menerapkan proses bekerja dari jarak jauh, yang sayangnya tidak ada persiapan ataupun pelatihan sebelumnya untuk bisa bekerja dari rumah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda untuk bisa melakukan pelatihan pekerjaan dari rumah secara efektif dan efisien. Jika Anda belum terbiasa dengan pekerjaan berbasis online atau ingin meningkatkan proses bekerja menjadi lebih produktif kami akan memberikan beberapa langkah yang mudah dan cepat untuk bisa diterapkan.

Beberapa kendala umum saat bekerja dari rumah.

Saat bekerja dari rumah akan muncul beberapa kendala yang umumnya sering terjadi, bekerja dari rumah bukan berarti kita hanya rapat online dan melakukan segala aktivitas dengan menggunakan komputer. Agar kalian bisa melakukan persiapan saat bekerja dari rumah, berikut beberapa kendala umum yang sering terjadi ketika Anda melakukan perkejaan dari rumah.
Kurangnya pengawasan tatap muka
Kurangnya interaksi tatap muka secara langsung sering menjadi masalah saat bekerja dari rumah. Suasana kerja yang sebelumnya berinteraksi dengan tatap muka dan harus mengalami perubahan, ini bisa menjadi kendala utama saat melakukan peralihan suasana kerja.
Kurangnya akses ke informasi
Informasi menjadi tidak mudah dipahami karena pesan disampaikan melalui media. Kadangkala informasi sederhana dari rekan kerja menjadi rumit dan pekerja harus mencari informasi lebih untuk mendapatkan jawaban dari rekan lainnya yang artinya akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk memahami sebuah pesan.
Kendala Teknis
Ketika kita bekerja di dalam kantor dengan infrastruktur yang lengkap kadang kala masih mengalami masalah teknis, tidak menutup kemungkinan hal ini akan terjadi ketika kita bekerja dari rumah dan bisa saja ini menjadi lebih rumit. Masalah yang sering muncul mengenai hal teknis adalah koneksi internet yang tidak stabil atau platform yang tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Ada berbagai cara untuk bisa melakukan pelatihan bekerja dari jarak jauh, Anda bisa memilih proses mana yang paling cocok yang bisa disesuaikan dengan suasana kerja Anda. Agar lebih mudah untuk dipahami dan membuat perkejaan Anda berjalan dengan baik berikut langkah – langkah pelatihan dari jarak jauh yang bisa Anda coba.

Langkah 1 “Pilih Aplikasi yang sesuai”

Ketika kita mendengar kata bekerja dari rumah maka pemikiran pertama yang muncul adalah bekerja secara online mulai dari pertemuan online, laporan online, tugas online dan lain sebagainya. Tidak salah ketika kita berfikiran seperti pada umumnya namun kita juga harus mengerti konsep online secara keseluruhan, berikut uraian singkat yang bisa menambah wawasan Anda.
  • Sinkronisasi learning
    Sinkronaisasi Learning adalah kegiatan dimana semua peserta didik ikut berpartisipasi secara bersamaan dan pembelajaran bisa di lakukan baik secara online ataupun offline.  Dengan metode ini kita bisa mengatur jadwal pelatihan yang bisa di sesuaikan dengan materi kita. Jika Anda sebagai fasilitator maka Anda perlu melakukan perencanaan dan mengumumkan kelas pada saat yang tepat agar peserta bisa mengikuti kelas. Contohnya pelatihan menggunakan LMS atau kelas virtual.
  • Asinkron learning
    Model pembelajaran ini berbeda dari sebelumnya, dimana para pelajar tidak perlu berpartisipasi secara bersamaan dalam mengakses konten pembelajaran, penilaian, dan berkomunikasi karena mereka memiliki waktu mereka sendiri. Peserta juga tidak perlu mengikuti pembelajaran online dan menyelesaikan pelatihan secara bersamaan. Pembelajaran asinkron ini dapat dijalankan dengan instruktur gratis seperti membuat materi berbasis video atau melakukan tanya jawab secara online, contohnya dengan membuat modul eLearning.
  • Blended learning
    Blended learning adalah gabungan dari kedua metode sebelumnya untuk membuat pembelajaran dengan solusi kustom.  Solusi campuran bisa menjadi cara yang terbaik untuk pelatihan jarak jauh yang lebih kompleks. Sebagai contoh,  metode ini dapat menggabungkan modul eLearning dan sesi kelas virtual yang dijadwalkan melalui LMS.  

Langkah 2. “Membeli aplikasi yang dibutuhkan

Meskipun Anda menggunakan Skype sebagai platform komunikasi jarak jauh,  menjalankan lembar Excel untuk absensi kehadiran dan Power Point untuk membuat modul presentasi, mungkin ini bukan menjadi pilihan yang terbaik. Mengapa ?  karena Anda akan mengakses banyak aplikasi dan membuat tampilan tugas Anda menjadi penuh padahal Anda bisa memaksimal kan semua tugas Anda hanya dengan satu aplikasi saja. Agar bekerja dari rumah menjadi maksimal anda perlu menyiapkan alat yang tepat, berikut referensi yang bisa menjadi pilihan :
  • Platform konferesi dan webinar
    Ada dua jenis platform yang dapat digunakan untuk pengiriman pelatihan jarak jauh secara online. Jenis pertama adalah platform konferensi / webinar seperti Zoom, Bluejeans, Join.me, Webex, GoToMeeting, Zoho . Tipe kedua adalah platform pelatihan virtual khusus seperti Go To Training, Big Blue Button, Lark Suite.
  • LMS
    LMS dapat memfasilitasi pembelajaran virtual antara instruktur dan peserta, dimana kelas sudah terjadwal dan peserta yang mengikuti kelas virtual dapat berinteraksi melalui tool komunikasi sinkronous (chat, video conference, desktop sharing dll) Jika Anda mencari LMS yang mudah digunakan untuk pemula tetapi juga menawarkan semua fitur yang diperlukan untuk pelatihan jarak jauh, Anda dapat mencoba iSpring Learn. Ini adalah platform berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk membuat program pelatihan jarak jauh dengan cepat. iSpring dapat membuat materi dengan ilustrasi, kutipan dan video yang lebih menarik dan interaktif, selain itu anda juga bisa menggunakannya dengan mudah sehingga anda bisa mengirimkan materi kepada karyawan dalam hitungan menit. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Zoom, salah satu platform konfrensi web yang sering digunakan.
  • eLearning authoring tool
    Tool authoring dirancang untuk membuat kursus online.  Anda dapat mengunggah manual PDF dan dokumen Word ke LMS, tetapi ‘Turner Halaman’ eLearning memiliki tingkat keterlibatan yang rendah. Memilih alat yang tepat dapat membantu Anda membuat pelatihan asinkron yang menarik untuk  diberikan kepada karyawan Anda. Anda harus mencari alat pembuat yang berbasis HTML5, yang memungkinkan Anda membuat konten interaktif, mudah digunakan, dan mendukung berbagai format output. Anda juga harus memilih alat pembuat yang secara otomatis mengemas kursus eLearning jarak jauh Anda agar bisa di akses di perangkat seluler, tablet, atau peramban apa pun. Misalnya, iSpring Suite, yang kami sebutkan di atas, memenuhi semua permintaan ini. Dengan Aplikasi iSpring ,Anda dapat membuat kursus menarik dengan kuis, simulasi, dan interaksi dalam hitungan jam, bukan hari. Untuk mendapatkan pelatihan jarak jauh online secepat mungkin, ini memungkinkan Anda dengan mudah menggunakan kembali aset yang ada seperti presentasi PPT, dokumen Word, dan file PDF .

Langkah 3. Persiapkan bahan pembelajaran Anda

iSpring memiliki konten yang luas dan template dengan banyak pilihan seperti slide judul, tabel konten, navigasi, bab, garis waktu, dan info slide. Jadi Anda bisa memilih template yang Anda suka, mengisi semua informasi yang diperlukan, dan mendapatkan kursus dan berjalan sangat cepat. Seperti inilah bentuk kursus yang dibuat dengan iSpring Suite : Setelah Anda memiliki konten dasar di alat pembuat, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa jenis konten lain, seperti :
  • Tambahkan video: Memasukkan video ke dalam eLearning adalah cara cepat untuk menyajikan topik, menjelaskan suatu proses, atau menyajikan beberapa informasi ahli melalui video
  • Tambahkan kuesioner, survei, penilaian, dan pemeriksaan pengetahuan: Ini bagus untuk membantu menguji pengetahuan pelajar dan memeriksa apakah mereka secara aktif terlibat dalam sesi jarak jauh.
  • Tambahkan simulasi dialog:  cara ini cukup efektif untuk membangun keterampilan komunikasi. Jenis konten ini dapat melatih tim penjualan dan dukungan pelanggan Anda.

Langkah 4. Memberikan pelatihan

Penyampaian pelatihan saat jarak jauh dengan menggunakan LMS menjadi lebih mudah untuk di atur. Anda hanya perlu mengunggah kursus eLearning, menetapkan tenggat waktu, dan mengundang karyawan. Untuk pelatihan kelas virtual kami akan membahas beberapa tips tentang menjalankan dan mengelola pengiriman pelatihan virtual  di lain kesempatan.

Langkah 5. Lacak hasil pembelajaran

Langkah terakhir adalah melihat hasil pelatihan jarak jauh. Apa yang Anda putuskan untuk menjadi penilaian tergantung pada kebutuhan organisasi Anda,  mungkin hanya penyelesaian kursus, atau  penilaian secara grafik untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan peserta untuk menyelesaikan kursus eLearning atau skor mereka dalam penilaian tertentu. iSpring Learn,  memiliki pelacakan pembelajaran yang mudah diakses dan sangat terperinci.

Kesimpulan

Artikel ini membahas mengenai cara untuk memberikan pelatihan karyawan dari jarak jauh. Setelah anda mengetahui kendala dan hal apa saja yang sebaiknya di persiapkan, kami berharap anda menemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja anda menjadi lebih baik.